Wednesday, July 20, 2016

Cara Bertarung di Gym Pokemon GO


Jadi kamu sudah berhasil menginstall dan mulai memainkan Pokemon GO di smartphone-mu? Selamat! Nah selanjutnya bagaimana? Apa kamu hanya akan berkeliaran menangkapi Pokemon-pokemon liar di sekitarmu saja? Tentu saja tidak! Karena menangkap Pokemon hanyalah bagian awal dari game berbasis Augmented Reality ini. Seperti di anime dan game-nya, setelah kamu cukup memahami permainan ini dan memiliki Pokemon yang cukup kuat, kamu siap untuk bertarung dengan Trainer lain dan mengadu Pokemon kalian!

Cara Bertarung di Gym Pokemon GO

Tapi tunggu dulu, bertarung di sini bukan berarti kalau kamu ketemu orang di jalan yang sedang main Pokemon GO terus kamu ajakin berantem. Di dalam permainan Pokemon GO, saat ini satu-satunya tempat untuk bertarung dan mengadu Pokemon kalian adalah di Gym. Sama seperti PokeStop, kamu bisa melihat Gym di layar permainanmu, hanya saja bentuknya lebih besar, seperti stadium yang berputar dan hanya terletak di lokasi-lokasi strategis.

Jadi kali ini kita akan membagi tips dan trik serta panduan dasar untuk kamu bisa bertarung di Gym. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk bertarung di Gym Pokemon GO.

Naik Level (Level Up)

Hal yang paling pertama adalah: kamu harus mencapai setidaknya level 5 untuk bisa masuk dan bertarung di dalam sebuah Gym. Untuk naik level kamu perlu mengumpulkan XP (experience) dengan cara menangkap Pokemon dan mengunjungi PokeStop-PokeStop di sekitarmu. Untuk panduan lengkap tentang cara cepat untuk naik level di Pokemon GO, bisa kamu baca disini.

Cara Bertarung di Gym Pokemon GO

Setelah kamu mencapai level 5, kamu siap untuk memasuki Gym. Saat pertama kali memasuki Gym, kamu akan dipersilahkan untuk memilih dan bergabung dengan salah satu dari tiga Team di Pokemon GO. Team Instinct (Tim Kuning), Team Mystic (Tim Biru) dan Team Valor (Tim Merah). Warna ini akan terlihat pada setiap Gym, menandakan Team mana yang sedang menguasai Gym tersebut. Kamu bisa bertarung untuk mempertahankan Gym yang sedang dikuasai oleh Team-mu atau menyerang Gym yang dikuasai Team lain.

Merebut sebuah Gym

Setiap Gym memiliki Prestige. Semakin sering sebuah gym menang melawan penantangnya, Prestige Gym itu akan semakin meningkat. Namun bila penantang yang datang mampu mengalahkan para Trainer yang menguasai Gym tersebut, maka Prestige Gym tersebut akan turun. Penantang bisa terus-menerus menyerang Gym tersebut, apabila Prestige Gym tersebut terus turun hingga menjadi 0, maka Team yang menempati Gym itu harus keluar dan digantikan oleh Team penantang yang mengalahkan mereka.

Setiap Gym juga memiliki levelnya masing-masing. Semakin tinggi level sebuah Gym, maka semakin banyak anggota Team yang bisa masuk untuk mempertahankan Gym tersebut. Semakin banyak anggota Team yang mempertahankan sebuah Gym, berarti semakin sulit untuk mengalahkan dan merebut Gym itu.

Cara Bertarung di Gym Pokemon GO

Pertarungan Gym di Pokemon GO

Pertarungan Gym pada permainan Pokemon GO ini memang berbeda dengan seri-seri permainan Pokemon yang sudah-sudah. Di sini kamu bertarung secara Real-Time, bukan Turn-Based (bergantian). Oleh karena itu kamu harus membiasakan diri dengan sistem pertarungannya.

Saat akan menyerang sebuah Gym kamu akan di persilahkan untuk memilih Pokemon-Pokemon yang akan kamu bawa untuk bertarung. Jumlah Pokemon yang bisa kamu bawa tergantung pada level Gym yang kamu serang dan jumlah Pokemon yang mempertahankan Gym tersebut. Maksimal yang bisa kamu bawa adalah enam Pokemon, jadi pertimbangkan dengan matang saat memilihnya.

Cara Bertarung di Gym Pokemon GO

Untuk menyerang, kamu cukup tap (sentuh) Pokemon lawan. Sentuhan biasa akan memerintahkan Pokemon mu untuk melakukan serangan dasarnya (basic move). Perhatikan di bagian atas terdapat dua bar Hit Points (HP), Pokemon kalian akan bertarung dan saling menyerang untuk menguras HP lawannya. Pokemon yang HP-nya lebih dulu habis akan kalah, bila pertarungan menggunakan banyak Pokemon, maka begitu Pokemon pertama kalah, akan segera digantikan Pokemon selanjutnya, begitu seterusnya sampai salah satu pihak menang.

Di bawah bar HP terdapat bar Special Move Charge yang berwarna biru, selama Pokemon menyerang dengan serangan dasarnya, bar ini akan pelan-pelan terisi, dan saat terisi kamu bisa melancarkan Special Move (serangan spesial) yang dimiliki oleh Pokemonmu. Caranya, sentuh dan tahan sampai Special Move berhasil dilancarkan.

Kamu juga bisa menghindar/mengelak dari serangan Pokemon lawan. Caranya hanya dengan menggeser (swipe) ke kiri atau ke kanan pada saat lawan menyerang. Bila kamu melakukannya dengan tepat, maka serangan lawan bisa dihindari.

Panduan Tips dan Trik Pokemon GO

Kamu bisa membaca dan mempelajari lebih lanjut tentang Pokemon GO dari panduan-panduan ini:
Jadi bagaimana pendapatmu? Sudah pernahkah kamu bertarung atau mengalahkan sebuah Gym di daerahmu? Di Team mana kamu bergabung? Team Instinc, Team Mystic atau Team Valor? Silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah ini!

Demikianlah panduan kami tentang cara bertarung di Gym Pokemon GO. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan mengklik tombol share di bawah. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Selamat bermain dan bersenang-senang!


EmoticonEmoticon